gaya hidup milenial

Gaya Hidup Anak Muda Millenial

Lainnya Mobile Game Tips dan Trik Ulasan

Sebutan generasi milenial ditujukan kepada mereka yang terlahir di era tahun 2000-an. Generasi kekinian pada era tersebut memiliki banyak perbedaan dengan generasi pendahulunya. Hal ini jelas terjadi karena ada lompatan teknologi yang cukup jauh, terutama selama 20 tahun terakhir ini.

Generasi milenial cukup mudah dikenali. Sebab, mereka memiliki ‘tatanan’ tersendiri dalam kamus kehidupan mereka. Tatanan tersebut meliputi gaya hidup, trend berbusana, hingga cara bergaul dengan sesamanya.

 

Gaya Hidup Masa Kini Generasi Milenial

Generasi milenial memiliki ciri khas dalam gaya hidupnya. Gaya hidup mereka pun cukup beragam, dan tidak melulu tentang hal negatif. Seperti apa jelasnya gaya hidup kaum milenial? Berikut adalah beberapa ulasannya:

  1. Aktif

Generasi milenial hidup dalam naungan teknologi yang lebih maju. Sehingga, mereka cenderung lebih aktif dalam aktivitasnya sehari-hari. Dinamika hidup mereka pun bisa dengan mudah ditelusuri lewat sosial media.

Ya, beraktivitas lewat sosial media adalah hal yang wajib bagi generasi milenial. Bahkan, hal itu membuat mereka menjadi piawai dalam urusan multitasking. Mereka mungkin saja bisa mengerjakan tugas atau pekerjaan sambil chatting dengan kolega mereka.

Kemampuan multitasking ini akan berguna ketika mereka berada di dunia kerja. Setidaknya, mereka bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat. Asalkan, multitasking itu juga dibarengi dengan tingkat ketelitian yang tinggi.

  1. Suka ‘Berbagi’

Berbagi yang biasa dilakukan generasi milenial terutama adalah soal informasi atau fenomena harian. Hal-hal seperti masalah masyarakat, isu-isu global, dan semacamnya sangat cepat menyebar di ranah maya, yang semu tapi terlihat begitu nyata.

Hal positifnya adalah generasi milenial dinilai lebih kritis dalam menyikapi suatu masalah. Sekalipun hanya sekadar melontarkan opini mereka tanpa solusi, tetapi berani mengeluarkan pendapat adalah suatu hal yang perlu diapresiasi.

  1. Konsumtif

Yang paling mudah terlihat adalah generasi milenial cenderung menghabiskan uang untuk hal-hal yang sebetulnya masih bisa ditahan. Kebanyakan pengeluaran mereka bertujuan untuk menjaga eksistensi mereka di mata pergaulan sosial.

Kabiasaan konsumtif generasi milenial tak lepas dari budaya ber-internet yang menjadi suatu kewajiban. Lewat dunia maya, mereka bisa mengetahui perkembangan trend terkini yang harus mereka kejar demi status sosial.

  1. Memiliki Banyak Kepribadian

Generasi milenial yang aktif di berbagai platform pergaulan sosial, biasanya memiliki banyak kepribadian. Perlu ditegaskan, banyak kepribadian, bukan banyak muka. Contohnya, si A bisa saja menjadi orang yang sangat kritis dan serius di forum ilmu pengetahuan. Tetapi berubah menjadi super kocak ketika berbincang di grup Whatsapp.

Hal itu memang ada positif dan negatifnya. Positifnya, generasi milenial dianggap cukup mampu menempatkan diri pada situasi tertentu. Negatifnya adalah kita tak pernah tahu kapan mereka akan menampilkan sosok pribadi asli mereka.

  1. Senang Dengan Hal Berbau Instan

Perkembangan teknologi dewasa ini memang memungkinkan segala sesuatunya mudah didapatkan. Generasi milenial pun sangat tergantung pada segala hal berbau instan. Misalnya, mereka lebih memilih menggunakan uang digital daripada uang konvensional.

Begitu juga ketika mereka dihadapkan dengan suatu masalah. Mereka akan langsung menuju mesin pencari di internet untuk mencari tahu solusinya. Padahal, mestinya mereka memahami dulu akar masalahnya bukan?

  1. Gemar Travelling

Generasi milenial lebih memilih menghabiskan uangnya untuk berkelana ke berbagai tempat. Bagi mereka, perjalanan-perjalanan itu akan memberikan mereka pengalaman yang tak akan didapatkan di sekolah mana pun.

Banyak generasi milenial yang belum menyadari pentingnya menabung untuk masa depan. Hal ini mungkin berkaitan dengan perilaku konsumtif mereka. Padahal, menabung untuk berinvestasi atau sekadar menambah aset, bukanlah hal yang buruk ‘kan?

Itulah tadi, beberapa pandangan tentang gaya hidup generasi milenial. Memang ada berbagai sisi yang bisa terlihat dari gaya hidup mereka. Tetapi, selama mereka tidak menunjukkan kemunduran generasi, rasanya mereka tetap bisa menjadi tumpuan dan harapan masa depan bagi bangsa ini.